Cara Langsing Dengan Operasi Potong Lambung


"Operasi bariartik Gastric Banding, atau Vertical Sleeve Gastrectomy, merupakan prosedur yang dianjurkan karena lebih permanen dan efektif mengurangi berat badan," kata konsultan bedah senior dari Tan Tock Seng Hospital Singapore, Dr. Aaryan N. Koura, MD. Koura menjelaskan bahwa operasi bariartik dengan tehnik Laparascopi ini tergolong operasi kecil dengan masa pemulihan yang singkat.

"Tindakan yang dilakukan adalah mengurangi 60 hingga 80% ukuran lambung sehingga sensasi lapar berkurang, akibat produksi hormon ghrelin yang juga berkurang," kata Koura.
Koura menyatakan bahwa operasi ini tergolong aman, efektif, dan tidak membutuhkan pengawasan pasca operasi yang intensif Meskipun dinyatakan efektif dalam mengurangi nafsu makan, operasi yang masih menjadi kontroversi di kalangan medis ini memiliki sejumlah efek samping yang harus diperhatikan.
"Rasa cepat lelah, mual, muntah, kemungkinan defisiensi vitamin, mual, muntah, kemungkinan defisiensi vitamin, pendarahan, infeksi, bahkan kebocoran lambung," jelas Koura.
Bedah bariartik adalah operasi untuk menurunkan berat badan pada pasien obesitas morbid (obesitas yang menyebabkan penyakit), karena metode lain seperti olahraga, diet, dan pengobatan tidak efektif.
Tindakan ini dapat membantu pasien yang masuk ke dalam golongan obesitas berat atau yang harus menurunkan berat badan hingga berpuluh kilo.
"Operasi ini berbeda dengan operasi yang bersifat kosmetik seperti sedot lemak atau liposuction yang fungsinya untuk tujuan kosmetik," imbuh Koura.
Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/17815-cara-langsing-dengan-operasi-potong-lambung.html

0 comments

Post a Comment