5 Cara Mencegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard)


5 Cara Mencegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard). Di bulan Kesadaran Kanker Payudara, mari lakukan pencegahan sedini mungkin. Inilah 5 cara mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara dari Erica Mayer, seorang ahli kanker payudara dari Dana-Farber Cancer Institute dan Assistant Professor of Medicine dari Harvard Medical School, dilansir olehNewsmaxhealth.
Lakukan Mammogram. Mammogram dapat dilakukan saat wanita memasuki usia 40 tahun, bisa juga sebelum usia tersebut. Mammography memang tidak dapat mencegah kanker payudara, tetapi screening yang dilakukan dapat mendeteksi gejala awal sehingga pengobatan dapat segera dilakukan. Di luar saran Dr Mayer, Anda bisa melakukan gerakan memijat lembut daerah payudara dan sekitarnya, sehingga dapat diketahui ada kelainan/benjolan atau tidak.
Jaga Berat Badan dan Pola Makan. Apa yang Anda makan, itulah Anda, itulah tubuh Anda. Maka penting untuk menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dr Mayer menyarankan agar Anda selalu menjaga berat badan dan mengonsumsi makanan sehat, misalnya sayur, buah, gandum dan makanan kaya serat. "Makanan tinggi lemak dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas, di mana hal tersebut menjadi faktor pencetus kanker payudara. Beberapa makanan sehat pencegah kanker payudara.
Olahraga. Berdasarkan sebuah penelitian kecil, wanita yang selalu olahraga 10 hingga 19 jam setiap minggu akan menurunkan risiko terkena kanker payudara sebanyak 30 persen. "Wanita yang rutin berolahraga akan mengecilkan risiko terkena kanker payudara," ujar Dr Mayer menambahkan. "Mereka yang pulih dari kanker dan aktif bergerak akan menurunkan risiko terkena kanker kembali dibanding mereka yang lebih banyak duduk.
Mengurangi Konsumsi Alkohol. "Semakin banyak alkohol yang Anda besar risiko mengembangkan kanker payudara," pesan Dr Mayer. Batasi mengonsumsi minuman alkohol, usahakan tidak lebih dari satu gelas kecil setiap hari.
Tahu Riwayat Keluarga. Jika dalam riwayat keluarga atau orang tua Anda ada yang mengalami kanker payudara, maka Anda harus tahu apakah Anda membawa mutasi BRCA1 atau 2, atau yang biasa disebut gen kanker payudara. Sebanyak 20 hingga 30 persen penderita kanker payudara memiliki riwayat keluarga yang juga mengidap kanker payudara. "Jika seseorang memiliki mutasi gen penyebab kanker, maka yang harus dilakukan adalah upaya memperkecil risiko pengembangan kanker," demikian pesan Dr Mayer.


Itulah 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dan menurunkan risiko kanker payudara. Rawat kesehatan Anda mulai sekarang, ladies!  5 Cara Mencegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard).
Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/16742-5-cara-mencegah-kanker-payudara-dari-dokter-harvard.html

5 Cara Mencegah Kanker Payudara (Dari Dokter Harvard)

0 comments

Post a Comment