8 Tips Bikin Kue Kering Dijamin Tidak Gagal (I)


8 Tips Bikin Kue Kering Dijamin Tidak Gagal (I). KUE kering alias cookies menjadi camilan tepat saat menonton televisi ataupun kumpul keluarga. Bila punya waktu membuatnya sendiri, perhatikan beberapa tipsnya.

Beberapa toko kue mulai marak menjajakan kue kering dengan varian rasa dan bentuk. Bila Anda lebih suka membuatnya, simak tips dari Shine berikut agar hasilnya tidak kalah dengan kue kering yang dijual di toko.

Baca resep
Sebelum mulai membuat kue, membaca resep dan mempersiapkan semua bahan adalah hal mutlak. Perhatikan teknik-teknik yang disarankan, termasuk memastikan suhu oven sesuai dengan petunjuk pada resep.

Loyang kue sesuai suhu ruangan
Panas loyang harus sesuai dengan suhu ruangan sebelum menempatkan adonan di atasnya. Loyang yang hangat akan mencairkan adonan. Akibatnya, kue kering akan menempel satu sama lain. Letakkan loyang di atas wadah berisi air hangat untuk mendinginkan loyang yang di atasnya masih ada sejumlah kue kering siap dipanggang.

Mentega bahan terpenting
Belilah bahan-bahan yang terbaik untuk menghasilkan kue terbaik pula. Bahan terpenting dalam membuat kue kering adalah mentega. Gunakan mentega segar. Sebagai catatan, penggunaan mentega tawar memudahkan Anda dalam menakar rasa asin. Sebelum menggunakannya, pastikan suhu mentega sesuai dengan suhu ruangan, kecuali jika pada resep diminta menggunakan mentega cair.

Perhatikan bahan lainnya
- Telur: gunakan telur ayam yang masih baru atau segar dan pastikan suhunya sama dengan suhu ruangan. Telur dingin lebih mudah dipisahkan, namun setelah Anda memisahkan putih dan telurnya, maka biarkan sebentar hingga suhu telur sama dengan suhu ruangan. Tujuannya agar telur mudah tercampur dengan bahan-bahan yang lain.
- Tepung: gunakan tepung terigu yang biasa dijual di pasaran, yang belum mengalami pemutihan, kecuali pada resep diminta menggunakan tepung khusus.
- Baking soda dan baking powder: baking soda dan baking powder tidak dapat saling menggantikan. Namun, Anda bisa membuat baking soda dengan baking  powder yang telah ditambahkan sedikit asam (biasanya cream of tartar).
- Garam: untuk kue-kue panggang, gunakan garam meja. Penggunaan garam halus atau garam kasar tergantung pada permintaan resep.
- Gula: sebagian besar resep menggunakan gula pasir, kecuali bila ditentukan penggunaan gula jenis lain. Gula palem biasanya telah dikemas dalam ukuran tertentu sehingga memudahkan Anda menakarnya secara akurat. Sebaiknya, ayak gula halus sebelum digunakan untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan. 8 Tips Bikin Kue Kering Dijamin Tidak Gagal (I).

Sumber : http://www.okefood.com/read/2012/11/30/304/725698/8-tips-bikin-kue-kering-dijamin-tidak-gagal-i

0 comments

Post a Comment